10 Cara Simpel Mencegah Penyebaran Virus Corona Covid

Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah virus corona menyebar. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta masyarakat melakukan upaya pencegahan penyebaran varian baru virus corona. Dengan menjaga jarak fisik dari orang lain, hal ini dapat mencegah virus menyebar dari satu orang ke orang yang lain.

Artikel berikut menjelaskan langkah-langkah pemerintah dalam mencegah penyebaran virus tersebut. Untuk itu, saat bersin dan batuk seseorang harus menutup mulutnya dengan tangan. Akan lebih baik lagi menggunakan tisu sebagai media menutup mulut. Setelahnya, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Saat membersihkan atau melakukan disinfeksi, Anda perlu menggunakan sarung tangan dan masker, serta mencuci tangan dengan air bersih dan sabun setelah selesai membersihkan rumah. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan virus Corona yang mungkin saja terjadi.

Oleh karena itu, rumah harus rutin dibersihkan dan dilakukan disinfeksi secara menyeluruh, termasuk perabotan dan peralatan rumah yang sering disentuh, seperti gagang pintu, distant televisi, kran air, dan permukaan meja. Cara pakai masker bedah yang benar adalah sisi berwarna pada masker harus menghadap ke luar, sementara sisi dalamnya yang berwarna putih menghadap wajah dan menutupi dagu, hidung, dan mulut. Sisi berwarna putih terbuat dari materials yang dapat menyerap kotoran dan menyaring kuman dari udara.

Ketiga, menentukan sikap dan langkah sesuai dengan kondisi kesehatan saat ini. Dalam keadaan saat ini, suatu bangsa dituntut untuk menunjukkan nilai-nilai terbaik dari ideologi kebangsaan untuk dapat mengatasi tantangan pandemi COVID-19. Hal tersebut dapat diimplementasikan dengan keputusan tetap berada di rumah, tidak bepergian, dan menghindari kerumunan.

Diketahui, virus corona jenis baru atau SARS-Cov-2 dapat menempel di permukaan barang hingga seventy two jam. Di transportasi publik misalnya, bila kondisi tidak sehat, jangan mengemudikan kendaraan dan segera periksa ke fasyankes. Bagi penumpang yang demam, batuk atau flu, menggunakan masker, ukur suhu 2x sehari sebelum dan sesudah mengemudi. Perlu diingat jika virus corona dapat bertahan pada permukan hingga tiga hari.

Selain itu direkomendasikan juga pengobatan untuk mengatasi gejala lain. Termasuk dekongestan yang mengandung fenilefrin atau pseudoefedrin, penekan batuk dengan dekstrometorfan, dan ekspektoran yang mengandung guaifenesin. Tambahkan pula suplemen seperti vitamin C dan zinc yang dapat meningkatkan sistem kekebalan Anda,” saran Deutsch. Meskipun air jelas merupakan pilihan yang baik, Yuan juga merekomendasikan minuman dengan elektrolit seperti Gatorade atau Pedialyte. Selain itu, Berliner mengatakan jus dan minuman yang mengandung nutrisi lainnya dapat membantu juga, tetapi pada akhirnya, tujuannya adalah untuk tetap terhidrasi untuk menghindari rawat inap jika memungkinkan. “Hindari berbagi barang-barang rumah tangga pribadi,” kata Tony Yuan, seorang dokter dan direktur medis di Doctor On Demand.

Bagaimana cara memberantas Covid

Melanjutkan pemantauanWilayah yang pernah mengalami sebuah bencana memiliki kemungkinan besar akan mengalami kejadian yang sama kembali. Oleh karena itu perlu dilakukan pemantauan terus-menerus untuk meminimalisir dampak bencana tersebut. Pemulihan Pada tahapan ini dilakukan pemulihan atau mengembalikan kondisi lingkungan yang rusak atau kacau akibat bencana seperti pada mulanya. Pemulihan ini tidak hanya dilakukan pada lingkungan fisik saja tetapi korban yang terkena bencana juga diberikan pemulihan baik secara fisik maupun mental. Tahap kesiapsiagaan dilakukan menjelang sebuah bencana akan terjadi.