Tembus 20 Juta Suntikan, Pemerintah Terus Percepat Program Vaksinasi Covid

Single dose artinya satu orang hanya membutuhkan 1 dosis vaksinasi, sementara twin dose membutuhkan 2 kali vaksinasi untuk satu orang. Pada saat ini vaksin COVID-19 telah mendapatkan sertifikasi halal & suci oleh MUI dan persetujuan penggunaan Emergency Use Authorization dari BPOM dan sedang dalam proses pendistribusian ke masyarakat luas. Upaya pelaksanaan vaksinasi adalah untuk melengkapi upaya pencegahan penyebaran COVID-19 lebih luas lagi, Jadi setelah pelaksanaan vaksin masyarakat tetap diwajibkan untuk melanjutkan protokol kesehatan . Layanan ini bertujuan mempermudah penerima vaksinasi Covid-19 melakukan registrasi di mana pun. Sementara itu, registrasi melalui WA tersebut hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan. Setelah terverifikasi, tenaga kesehatan dapat mendaftarkan diri untuk membuat janji di fasilitas kesehatan sekitar dan mendapatkan konfirmasi terkait waktu dan tempat pelaksaan vaksin.

Pengiriman pertama vaksin through skema multilateral atau tahap keenam pengiriman vaksin Pemerintah Indonesia tersebut menyertakan vaksin Covid-19 dari perusahaan farmasi AstraZeneca. Pemerintah pasti akan memprioritaskan vaksin yang benar-benar aman dan berkhasiat untuk dipergunakan oleh seluruh masyarakat berdasarkan rekomendasi dari ahli,” harap Wamenkes. ”Ini tentunya akan menambah ketersediaan vaksin COVID-19 di Indonesia dalam rangka meningkatkan percepatan vaksinasi di Indonesia,” terang Wamenkes. Hari ini sebanyak sixteen juta bulk vaksin COVID-19 termasuk 1,5 juta untuk overfill dari Sinovac tiba di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta (25/3). Setibanya di Indonesia, selanjutnya vaksin dalam 9 envirotrainer ini akan langsung dibawa menggunakan three truk ke Biofarma.

“Kita patut syukuri, karena walau di tengah disrupsi pasokan dan alokasi pengadaan vaksin di dunia, stok vaksin kita aman dan terus ditingkatkan,” ujar Menteri Erick di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Ia menambahkan, selain mendapatkan vaksin lewat kerjasama bilateral dan multilateral, Indonesia tengah mengembangkan vaksin produksi dalam negeri untuk membangun kemandirian bangsa dan memenuhi kebutuhan vaksin COVID-19. Pemerintah menyiapkan vaksin virus corona untuk 170 juta penduduk yang akan diberikan pada akhir 2020. Untuk menjaga akuntabilitas pengadaan vaksin, maka vaksin yang dibayarkan pemerintah maupun yang mandiri tetap harus melalui Bio Farma, sebagai BUMN yang ditunjuk untuk pengadaan vaksin. Sebagai bagian dari transparansi dan akuntabilitas, dalam waktu dekat Bio Farma diminta memaparkan kepada publik mengenai biaya pembelian vaksin dari semua mitra kerjasamanya.

Namun, sebagian masyarakat Indonesia mungkin masih belum memahami dan masih bertanya-tanya mengenai efektivitas vaksin dan bagaimana proses pengembangan vaksin sebelum akhirnya dapat digunakan. Bila diberikan kepada seseorang, vaksin akan menimbulkan reaksi sistem imun yang spesifik dan aktif terhadap penyakit tertentu, misalnya vaksin flu untuk mencegah penyakit flu dan vaksin COVID-19 untuk mencegah infeksi virus SARS-CoV-2. Dengan demikian, James Sumendap membuktikan bahwa vaksin Astra Zeneca yang sempat diragukan aman dan baik bagi semua masyarakat. Sementara itu, Wali Kota Salatiga Yuliyanto mengapresiasi Dinas Kesehatan Kota Salatiga yang memberikan pelayanan vaksinasi dengan cepat dan tepat. Vaksin yang diberikan pemerintah adalah vaksin terbaik dan sudah teruji keamanannya,” ucap Menkes. Vaksin jenis ini diberikan saat si kecil berusia satu bulan untuk mencegah si kecil dari paparan bakteri yang bisa menyerang kelenjar, paru-paru, hingga otak.

Kami Tim Satgas Covid-19 SLBN B Garut siap dan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung program pemerintah dalam vaksinasi. Kata Prof Wiku, upaya terbaik dalam menghindari penularan Covid-19 adalah melakukan pencegahan melalui disiplin protokol kesehatan dan melakukan kegiatan-kegiatan vaksinasi apabila dimungkinkan. Langkah selanjutnya akan dilakukan konfirmasi mengenai kondisi kesehatan untuk memastikan bahwa peserta akan dapat menerima vaksin.

Ia menambahkan bahwa berbagai upaya yang telah dan akan dilakukan telah secara jelas memperlihatkan konsistensi pemerintah dalam upayanya menanggulangi Covid-19 dengan juga memperhatikan sisi perbaikan ekonomi masyarakat. Sementara itu, sebelumnya, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan, hingga akhir Mei 2021, vaksinasi Covid-19 diperkirakan sudah mencapai 27 juta suntikan. “Dengan begitu, kesehatan masyarakat dapat pulih dan ekonomi nasional kembali bangkit,” tambahnya. Dalam konteks itu, swasta hanya diizinkan melakukan pengadaan vaksin dengan pemerintah dalam bentuk vaksin jadi. Besaran harga hingga poin peruntukan vaksin dan lokasi vaksinasi masih didiskusikan guna menyusun payung hukumnya. Opsi pun bermunculan, pemerintah tidak mengelak kemungkinan vaksin Sinopharm asal China National Pharmaceutical Group Corporation atau vaksin Moderna bisa dipakai untuk vaksinasi mandiri.

Vaksin dari pemerintah

Untuk tahun ini Cansino menyanggupi 100,000 vaksin pada bulan November 2020, dan sekitar juta untuk tahun 2021. G42/Sinopharm menyanggupi 15 juta dosis vaksin tahun ini, yang 5 juta dosis akan mulai datang pada bulan November 2020. Untuk tahun 2021, Sinopharm mengusahakan 50 juta , Cansino 20 juta , Sinovac 125 juta .

Untuk pasien TBC dalam pengobatan dapat diberikan vaksinasi, minimal setelah dua minggu mendapat obat anti tuberkulosis. “Hal ini sedang menjadi wacana, tetapi tentu penyuntikannya sendiri tidak mungkin saat ini, bulan ini juga karena apa? Yang Nakes belum selesai, TNI, Polri akan masuk ,” paparnya. Perbedaan efikasi dalam berbagai uji klinis di berbagai negara di atas terjadi karena efikasi sendiri ditentukan oleh sejumlah faktor, seperti latar belakang kelompok sukarelawan untuk uji klinis dan epidemiologi wilayah uji klinik dilakukan.

Untuk peralatan pendukung dan logistik lainnya menggunakan sarana pembawa lain yang standar sesuai dengan ketentuan. Pada hari pelaksanaan pemberian vaksin kepada calon penerima vaksin, terdapat lima tahap proses vaksinasi. Pertama saat calon penerima vaksin tiba di tempat dan mendapat giliran menerima vaksin.

Masyarakat tidak perlu khawatir dengan berbagai jenis vaksin, karena semua jenis vaksin baik untuk mencegah penularan COVID-19 dan telah melalui uji kualitas, keamanan, dan efikasi. Dengan upaya tersebut diharapkan akan meningkatkan kapasitas produksi dan kinerja perekonomian ke depan. Adapun goal yang ingin dicapai menurut Angouw adalah, 7.000 orang per hari dengan estimasi dalam sebulan telah ada a hundred and forty ribu masyarakat di Kota Manado yang bisa menerima vaksin. Tak hanya itu, Angouw menjelaskan jika masyarakat yang menjadi peserta bisa juga mengajukan atau mengatur waktu dan tempat menerima vaksin, sesuai dengan yang mereka inginkan.