Airlangga Hartarto

Meski begitu, harga pengadaan vaksin Covid-19 antara BUMN dan swasta berada pada angka wajar. Aqua mendukung kecukupan hidrasi tenaga kesehatan dan masyarakat sejak penanggulangan Covid-19 dan pelaksanaan vaksinasi di 2021. Ia mengharapkan pelaksanaan vaksinasi dengan skema gotong royong ini sudah bisa dilaksanakan pada akhir Mei 2021. Karena, vaksin yang digunakan tersebut sudah mendapatkan sertifikasi baik dari Badan Pengawas Obat dan Makanan maupun dari Majelis Ulama Indonesia .

Harga vaksin mandiri

Irene menjelaskan, dari complete tersebut sebanyak 614 pasien telah dinyatakan sembuh, 15 pasien meninggal dunia, dan tersisa satu pasien yang masih menjalani isolasi mandiri seperti yang dimaksudnya saat dikonfirmasi di awal wawancara. Informasi yang berkualitas pun bercampur dengan informasi palsu tanpa mutu. Republika.id bergiat untuk terus memandu umat pada sumber literasi yang kredibel. Mari menjadi bagian dari ikhtiar menjaga umat dari informasi sesat melalui gerakan “Literasi Umat”. Arif menyampaikan, saat ini tes Genose menjadi salah satu syarat wajib warga yang melakukan perjalanan laut antarpulau di Kepri.

Pada 14 September 2020, Uni Emirat Arab memberi persetujuan darurat untuk vaksin Sinopharm sehingga bisa disuntikkan pada petugas kesehatan, dan kemudian pejabat pemerintah. Ia mengatakan, pemerintah pun juga sudah mengeluarkan berbagai stimulus untuk memperbaiki perekonomian yang anjlok. Apalagi, pendapatan negara telah berkurang drastis akibat adanya relaksasi pajak. Pemerintah memutuskan untuk memberikan vaksin Covid-19 melalui dua skema yakni free of charge dan berbayar.

Dengan tingkat efikasi mencapai 94,5 persen, vaksin Moderna telah mendapatkan izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS pada 18 Desember 2020. Pada 30 Desember 2020 lalu, Sinopharm mengumumkan bahwa hasil uji klinisnya menyimpulkan bahwa vaksin bernama resmi BBIBP-CorV tersebut memiliki efikasi 79,34 persen. Hal itu lantas diikuti keputusan pemerintah China untuk mengizinkan penggunaan vaksin Sinopharm. “Itulah sebabnya dua prinsip dasar dalam program vaksinasi di situasi pandemi atau wabah sebesar epidemi harus gratis dan sukarela.

Total vaksin yang dipesan Bio Farma untuk program vaksinasi mandiri swasta ini mencapai 20,2 juta, terdiri atas 15 juta dosis dari Sinopharm dan 5,2 juta dosis dari Moderna. Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Rosan Roeslani menyebut, biaya vaksin gotong royong atau vaksin mandiri sebesar Rp1 juta per orang, masih terjangkau oleh pengusaha. Menko Airlangga Hartarto pemerintah segera tetapkan harga vaksin mandiri dan prioritas untuk industri padat karya. Menurut Budi, jika kedua belah pihak telah sepakat dengan harga yang diajukan maka pemerintah akan menetapkan besaran harga batas atas dan bawah vaksin mandiri.

Kadin, sebagai perwakilan pengusaha Indonesia berharap harga vaksin yang harus dibayarkan terjangkau. Ketiga, jika vaksinasi dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan milik masyarakat atau swasta, tarif yang berlaku tidak boleh melebihi batas maksimal yang sudah ditetapkan menteri. Liputan6.com, Singapura – Pemerintah Singapura mengizinkan vaksin Sinovac untuk digunakan di dalam program vaksinasi mandiri, setelah Organisasi Kesehatan Dunia pada Rabu, 2 Juni 2021, mengeluarkan izin penggunaan darurat.

“Kami sudah sampaikan antara Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta untuk satu set vaksin, untuk dua kali penyuntikan,” kata Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Internasional Kamar Dagang dan Industri Indonesia Shinta W. Kamdani di Jakarta, Rabu (3/3). Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berkeliling meninjau pelaksanaan protokol kesehatan di Pondok Pesantren Bumi Sholawat di Sidoarjo. “Prioritas berbasis zonasi. Juga berbasis kepada perusahaan yang sudah daftarkan diri ke Kadin. Dan tentunya pada jenis industrinya, diutamakan yang padat karya,” ujar Airlangga di kantor presiden, Senin 3 Mei 2021. “Penetapan harganya itu harus memanfaatkan lembaga-lembaga seperti BPKP . Mereka menghitung dan mereka juga melibatkan teman-teman pengusaha untuk menentukan harganya,” kata dia. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi menjelaskan terdapat 107 juta penduduk kelompok prioritas yang menjadi target pemerintah untuk penyuntikan vaksin.

antvklik.com – Pemerintah Singapura menyetujui penggunaan vaksin Sinovac buatan China, setelah Organisasi Kesehatan Dunia mengeluarkan izin penggunaan darurat. Ke depannya, vaksin Sinovac akan digunakan dalam skema vaksinasi mandiri di Singapura. Untuk menghindari penyimpangan dalam pengadaan vaksin gotong royong, pemerintah telah berkonsultasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi . Dari konsultasi itu, kata Siti, pengadaan vaksin impor akan dilakukan satu pintu yakni melalui Bio Farma. Regulasi yang sama sekaligus mengatur bahwa pengadaan vaksin Covid-19 untuk vaksinasi gotong royong dilakukan oleh Kementerian BUMN melalui PT Bio Farma.