Belum Dapat Vaksin Covid

Pada forum yang sama, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir mengatakan lebih dari 6.600 perusahaan telah mendaftar untuk skema swasta. Skema tersebut dikritik oleh beberapa ahli kesehatan karena khawatir hal itu dapat membuat ketidakadilan dalam pembagian vaksin. Pemerintah menargetkan untuk memvaksinasi 181,5 juta orang dalam waktu sekitar satu tahun dengan menggunakan vaksin yang dibuat oleh perusahaan seperti Sinovac Biotech, Novavax dan AstraZeneca. Program ini diproyeksikan akan menjangkau sedikitnya 20 juta pekerja di sektor formal. COVID-19 badan hukum/badan usaha harus melaporkan jumlaH karyawan/karyawati, keluarga dan individu lain terkait dalam keluarga yang akan dilakukan Vaksinasi Gotong Royong. Ia juga menyebutkan, Kementerian Kesehatan akan menetapkan harga vaksin tersebut.

Bagaimana cara mendapatkan vaksin mandiri

Dana pembeliannya dan proses vaksinasinya sendiri sudah ditanggung oleh teman-teman swasta yang terdaftar di Kadin. Vaksinasi gotong royong diperuntukkan bagi karyawan swasta atau keluarganya atau individu lain yang dibiayai oleh perusahaan atau badan usaha, sehingga mereka tidak perlu mengeluarkan biaya vaksinasi ini. Suara.com – Program Vaksinasi Gotong Royong dilaksanakan pada Selasa, 18 Mei 2021. Untuk kelancaran program, terdapat 19 perusahaan yang memulai program vaksinasi tahap pertama ini.

Dia menyebutkan pasokan dosis untuk vaksinasi gotong royong bisa bertambah sampai 55 juta dosis seiring rencana untuk mengimpor vaksin Sputnik dari Rusia. Pendistribusian vaksin Covid-19 untuk vaksinasi Gotong Royong dilaksanakan oleh PT Bio Farma ke fasilitas pelayanan kesehatan milik swasta yang bekerja sama dengan bandan hukum/badan usaha. Pada Pasal 21 Ayat 1 disebutkan, pelayanan vaksinasi program dilaksanakan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan milik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah atau masyarakat/swasta. Fasyankes yang dimaksud Puskemas, Puskemas pembantu, klinik, rumah sakit, unit pelayanan kesehatan di kantor kesehatan pelabuhan serta di pos pelayanan vaksinasi. Vaksinasi akan diselenggarakan di fasilitas kesehatan masyarakat baik di Puskesmas maupun rumah sakit milik pemerintah dan swasta. Para tenaga kesehatan juga dapat mengecek nama mereka di situs pedulilindungi.id.

Jika belum terdaftar, sasaran diminta segera mengajukan program vaksinasi dengan mengirimkan knowledge diri ke e mail Untuk vaksinasi gotong royong, jenis vaksin yang digunakan harus mendapat persetujuan pengguna pada masa darurat atau penerbitan nomor izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan . Kadin juga mengimbau masyarakat untuk tidak takut atau khawatir dalam pelaksanaan vaksinasi karena sudah dinyatakan aman dan halal.

Untuk itu, Kemenkes memastikan penyandang disabilitas dapat dilayani di seluruh fasilitas kesehatan atau sentra vaksinasi manapun dan tidak terbatas pada alamat domisili KTP. “Saya sampaikan ke Mba Angkie, kalau vaksinasi untuk disabilitas dan kelompok masyarakat rentan sudah menjadi kebijakan nasional sampaikan ke gubernur, nanti kami yang akan percepat,” sambungnya. Hariyadi menambahkan kegiatan vaksinasi masal tahun depan memang bukan pekerjaan mudah dalam menjangkau seluruh masyarakat. “Namun, pandemi Covid-19 membuat banyak hal terjadi di luar kemampuan dunia usaha,” kata dia.

Sebab kegiatan vaksinasi menjadi harapan pemulihan setelah sepanjang tahun ini dunia usaha dihantam pandemi virus korona. Untuk itu pelaku usaha mengharapkan sektor swasta juga menjadi prioritas tanggungan negara. Fathema mengatakan, vaksinasi bisa lebih cepat jika rumah sakit dan klinik swasta okut tertibat dalam vaksinasi mandiri karena jumlahnya lebih banyak. Dari catatannya, ada 1.536 rumah sakit swasta dan 8.714 klinik swasta.