Bocoran Cara Dapat Vaksin Covid

Namun, Jokowi akhirnya menggratiskan vaksin ke seluruh warga Indonesia agar tercipta kekebalan populasi atau herd immunity. Presiden Joko Widodo menyatakan program vaksinasi jadi kunci utama untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Oleh karenanya, ia mempertimbangkan agar seluruh masyarakat bisa mendapat vaksin Covid-19 dengan cepat.

Dengan vaksinasi mandiri, upaya mewujudkan herd immunity atau imunitas kelompok akan lebih cepat terwujud di samping mengurangi beban APBN. Pemerintah masih menggodok sejumlah regulasi agar pelaksanaan vaksin mandiri memberikan manfaat optimal kepada masyarakat yang kini didera pandemi Covid-19. “Pemerintah menegaskan, merek vaksin antara program vaksin gratis pemerintah dengan vaksin mandiri harus berbeda. Namun, pemerintah masih belum memutuskan merek vaksin apa yang yang akan digunakan untuk vaksin mandiri,” tutupnya. Pertama adalah vaksin bantuan pemerintah untuk tenaga kesehatan dan masyarakat Penerima Bantuan Iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, termasuk TNI dan Polri. Kedua adalah vaksin mandiri untuk masyarakat yang mampu membayar sendiri.

Jokowi menargetkan program vaksinasi di Indonesia bisa kelar dalam waku 12 bulan. Peran swasta dalam vaksinasi mandiri sangat penting untuk mewujudkan herd immunity atau imunitas kelompok. Dengan peran swasta dalam vaksinasi gotong royong, beban APBN bisa dikurangi dan masa vaksinasi bisa diperpendek hingga kurang dari satu tahun. Koordinator PMO Komunikasi Publik Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional , Arya Sinulingga mengatakan pihaknya sudah meminta pertimbangan berbagai pihak, termasuk KPK untuk pelaksanaan vaksin mandiri. Keinginan sektor swasta untuk melakukan vaksin mandiri disambut oleh Presiden Jokowi.

Soleh menegaskan Bio Farma akan memfasilitasi semua kalangan dalam vaksinasi COVID-19, termasuk mereka yang tidak memakai ponsel pintar. Khusus mereka yang tidak memakai ponsel pintar, akan diberikan kupon kapan harus kembali, nomor telepon yang bisa dihubungi, hingga sertifikat dalam bentuk kertas. Sertifikat tersebut nantinya bisa digunakan untuk kepentingan tertentu termasuk kementerian/lembaga hingga untuk syarat perjalanan sebagai bukti telah melakukan vaksinasi. Dalam proses pre-screening ini, kamu akan diberikan beberapa pertanyaan untuk mempercepat proses antrean di lokasi vaksinasi.

Bagaimana cara mendapatkan vaksin mandiri

Spesifikasi produk dan harga menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah di kemudian hari. Belum diketahui efek interaksi yang bisa terjadi jika vaksin Sinopharm digunakan bersamaan dengan obat lain. Untuk mengantisipasi efek interaksi antarobat, beri tahu dokter mengenai obat, suplemen, atau produk herba apa pun yang sedang Anda gunakan sebelum menerima vaksin Sinopharm. Belum diketahui efektivitas dan keamanan vaksin ini untuk lansia berusia di atas 60 tahun. Sebelum penyuntikan vaksin, dokter atau petugas medis akan melakukan tanya jawab singkat dan pemeriksaan untuk memastikan Anda dalam kondisi sehat dan siap untuk divaksin.

Sementara yang kedua, Jalur Mandiri yang menyasar masyarakat yang berusia tahun, ada sekitar 57 juta orang sasarannya vaksin corona atau Covid-19 dengan kebutuhan vaksin sekitar one hundred fifteen juta dosis. Vaksin mandiri ini, masyarakat harus membayar sesuai dengan harga vaksin yang telah ditentukan oleh pemerintah. Meski biaya vaksinasi gotong royong ditanggung badan hukum atau badan usaha, tetapi pendanaan untuk pemantauan dan penanggulangan kejadian ikutan pasca vaksinasi Covid-19 dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Pemerintah juga memastikan jenis vaksin yang digunakan dalam vaksinasi gotong royong berbeda dengan jenis vaksin program pemerintah. Tahap satu vaksinasi diberikan untuk tenaga kesehatan kemudian tahap kedua pelayanan publik sekitar Maret-April dibarengi sasaran lansia di atas 60 tahun.

Dia pun bersyukur karena pemerintah ditunjang oleh tenaga kesehatan dan fasilitas yang dianggap memadai. Di bagian selanjutnya, perusahaan diberi opsi antara lain apakah akan menyertakan keluarga karyawan sebagai penerima vaksin, batas harga vaksin maksimum, dan waktu pelaksanaan. Penyuntikan vaksin atau vaksinasi menjadi solusi yang sangat dinanti, untuk menciptakan kekebalan imunitas atau herd immunity. Vaksin Mandiriyang didorong oleh badan usaha dan badan hukum mendapatkan lampu hijau dari pemerintah. Meskipun sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menolak adanya rencana ini. Selain vaksin Sinophram, kebutuhan 20,2 juta dosis ini disebut Rosan juga mencakup vaksin produksi Moderna.

Jika kamu memiliki penyakit paru, seperti asma, PPOK, atau TBC, maka vaksinasi akan ditunda hingga kondisi kamu dapat dinyatakan baik. Jika saat skrining kesehatan, kamu mengalami demam atau suhu tubuh diatas 37,5 derajat Celsius, maka vaksinasi akan ditunda. Kamu akan diminta untuk melakukan pemeriksaan terkait gejala yang dialami dan mengunjungi pos kesehatan yang sama. Jika penyebabnya bukan COVID-19 dan suhu sudah kembali normal, maka vaksinasi bisa dilakukan dengan melakukan skrining terlebih dahulu. Tidak memiliki anggota keluarga yang menjadi pasien COVID-19 atau sedang dalam perawatan COVID-19. Dalam hal ini, tentunya imun tubuh akan membentuk antibodi terhadap virus corona.