Heboh Vaksin Covid

Jumlah korban tewas meningkat menjadi 41, lebih dari 1.300 orang terinfeksi di seluruh dunia – kebanyakan di Cina. “Di situasi saat ini kami ingin bekerja sama dengan Kemenkes dan memastikan bahwa usaha di bidang kesehatan dalam menghadapi pandemi ini dibutuhkan Kerja sama dan kita dapat mengatasi persoalan ini dengan sebaik baiknya,” kata Haedar. Terdapat dua hal yang disebutkan Menkes Budi Sadikin yang dapat dilakukan oleh Muhammadiyah dalam membantu Kemenkes. Pertama, karena Muhammadiyah memiliki tenaga Kesehatan yang besar, dan Muhammadiyah turut berperan dalam sektor kesehatan yang cukup dalam dan luas.

Tonang menyebut kedisiplinan akan protokol kesehatan tetap harus dilakukan orang yang telah disuntik vaksin. Menurut Menkes Budi Gunadi Sadikin, program vaksinasi Covid-19 belum mencapai target yang ditentukan Presiden karena terkendala stok vaksin masih terbatas. Persetujuan dari kementerian kesehatan diperlukan untuk pembelian dan penggunaan vaksin di dalam negeri. Kantor berita Rusia Interfax melaporkan pada Jumat bahwa vaksin Sputnik V telah disetujui, meskipun kementerian kesehatan Vietnam mengatakan bahwa panel medis telah merekomendasikannya dan vaksin Moderna Inc AS untuk digunakan. Oleh karena itu, sudah seyogyanya masyarakat juga meringankan upaya penanganan dengan memberikan dukungan nyata melalui partisipasi aktif di dalam setiap arahan pemerintah dan tetap disiplin menerapkan protokol 3M.

Masyarakat jangan mudah terprovokasi oleh keberadaan iklim terhadap virus sebab virus tidak mengenal musim dan geografis. Kasus terinfeksi Covid-19 setelah divaksin disebut Tonang sama halnya dengan kasus terinfeksi Covid-19 lebih dari sekali. Hal itu diungkapkan dokter yang menangani Covid-19 sekaligus Jubir Satgas Covid-19 RS Universitas Sebelas Maret Surakarta, dr Tonang Dwi Ardyanto.

Jadi, dengan mendapatkan vaksin COVID-19, Anda tidak hanya melindungi diri sendiri, tapi juga orang-orang di sekitar Anda yang belum memiliki kekebalan terhadap virus Corona. Lewat cara tersebut maka tubuh bisa belajar mengenali virus penyebab Covid-19, SARS-COV-2, tanpa harus menghadapi risiko infeksi serius. Ketika dalam tahap pengujian, vaksin hanya terbukti melindungi orang yang menerimanya dari penyakit itu sendiri. Mendapatkan vaksin bukan berarti kita secara otomatis akan terbebas dari virus corona. Meski demikian, mereka yang telah mendapatkan vaksin tetap harus melakukan protokol kesehatan. Terkait dengan penambahan empat kasus baru konfirmasi mutasi virus COVID-19 B117, dr Nadia menyampaikan bahwa keempatnya dalam keadaan sehat, tidak ada yang diindikasikan mengalami gejala berat.

Vaksin dapat menangani Covid

Masyarakat Indonesia akan menerima vaksin yang aman dan efektif, sesuai dengan komitmen BPOM dan pemerintah. Sembari menunggu hasil uji klinik vaksin, edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat akan vaksin COVID-19 sangat diperlukan. Itu hal penting untuk diingat di tengah tingkat vaksinasi yang semakin meningkat. Selain bertujuan untuk melindungi diri sendiri, vaksinasi juga dapat melindungi komunitas dan membentuk kekebalan kelompok.