Indonesia Go.id

Namun berbeda dengan kekhawatiran umum, pakar imunologi meyakini kecepatan proses pengembangan vaksin tidak menimbulkan risiko. Vaksin tsersebut buatan Sinovac yang diuji secara klinis di Bandung, sejak Agustus 2020. Presiden Joko Widodo menyatakan, jumlah tersebut akan terus meningkat seiring dengan kebutuhan penanganan pandemi di Indonesia. Rencanaya, pemerintah masih mengupayakan kedatangan 1,eight juta dosis vaksin yang akan tiba di awal Januari 2021. Muhammadiyah dengan infrastruktur kesehatan yang dimiliki ikut bersama-sama mensukseskan program vaksinasi untuk mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia. Ketika system imun Anda dalam keadaan prima, maka tubuh dapat melawan kuman seperti virus corona dan virus flu.

Jangan lupa untuk selalu pakai masker segera mandi dan ganti pakaian saat sampai di rumah. Karena kapan pandemi akan berakhir masih sulit diprediksi, Lee Hsien Loong meminta warga untuk bersiap “hidup” bersama COVID-19. Dengan kata lain, warga harus siap patuh pada protokol kesehatan dan kemungkinan ledakan-ledakan wabah kecil. Sejauh ini, kata Lee Hsien Loong, pandemi di Singapura relatif terkendali sehingga ia menyakini pelonggaran sudah bisa mulai dilakukan sejak tanggal 13 Juni.

Di sisi lain, hak publik secara umum untuk mendapatkan keamanan dari penularan penyakit seakan mematikan hak individu untuk menolak intervensi medis. Dalam beberapa kesempatan, pengadilan bahkan harus memerintahkan melakukan vaksinasi kepada sekelompok orang yang tidak mau divaksinasi atas nama keamanan dan kesehatan lingkungan. Program vaksinasi di suatu negara selalu menulai pro dan kontra bahkan dapat dipolitisasi. Dalam sejarah vaksin, terdapat berbagai penolakan terhadap program vaksinasi. Dua keuntungan vaksin metode ini adalah, pertama vaksin tidak akan menyebabkan penyakit dalam tubuh seseorang ketika mendapatkan vaksin tersebut. Kedua, vaksin ini bisa diberikan pada orang-orang dengan sistem imun yang lemah.

Adapun tahap awal vaksinasi ini merupakan langkah tepat dan layak diapresiasi. Harus diingat, perlu waktu untuk tubuh kita membentuk antibodi sehingga siapa pun yang sudah vaksinasi tidak boleh meninggalkan protokol kesehatan , sampai pandemi dinyatakan berakhir. Keseriusan pemerintah dalam menangani pasien Covid-19 juga terlihat dari suplai obat penanganan yang terus terdistribusi dengan cukup.

Semuanya tergantung kelihaian Pemerintah Indonesia dan kondisi wabah di negara produsen vaksin covid-19. Setiap vaksin ada khasiat yang berbeda begitu juga dengan vaksin sinovac dan disetiap jenis vaksin dapat direspon secara berbeda pada setiap tubuh manusia, dan efek vaksin dapat berberda pula ada yang merasa lemas, nyeri persendian bahkan demam. “Hal ini wajar dan merupakan respon anti physique setelah penyuntikan vaksin baik yang pertama hingga vaksin ke-2 setelah 14 hari,” terang Ketua IDI yang juga selaku Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik di RSUD HISS Sendawar. Vaksin yang diproduksi di Inggris, Italia, Korea Selatan, dan India ini, merupakan satu di antara dari tiga jenis vaksin COVID-19 yang digunakan dalam program vaksinasi nasional Pemerintah Indonesia saat ini. Pengembangan vaksin COVID-19 yang cepat dimungkinkan oleh pendanaan penelitian dan pengembangan, serta oleh kerja sama world dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Vaksin dapat menangani Covid

Dengan vaksinasi massal tersebut, orang yang tidak bisa mendapatkan vaksin, seperti bayi yang baru lahir, lansia, atau penderita penyakit autoimun, bisa mendapatkan perlindungan dari orang-orang di sekitarnya. Mengutip Medical Daily, saat ini 159 kandidat vaksin Corona tengah melakukan uji coba. Tren menunjukkan vaksin dilihat sebagai salah satu cara terbaik untuk mengatasi virus Corona. Sedangkan bagi yang sudah pernah terinfeksi diketahui tubuhnya sudah mempunyai antibodi terhadap virus tersebut. Soal batasan usia, ia memaparkan usia 18 tahun ke bawah dan 60 tahun keatas masih belum direkomendasikan untuk mendapatkan vaksin COVID-19 Sinovac. Benyamin menyebutkan pada prinsipnya vaksinasi bisa diberikan pada semua orang.