Indonesia Go.id

Hal tersebut terjadi karena, adanya keterlambatan distribusi vaksin dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan keterbatasan fisik lansia untuk mendatangi fasilitas kesehatan penyedia vaksin. Kastara.ID, Depok – Pemerintah Kota Depok terus berupaya mewujudkan warga lanjut usia yang bahagia dan mandiri. BANDUNG – Program Vaksinasi Covid-19 telah berjalan secara bertahap sejak thirteen Januari 2021 sesuai dengan ketersediaan vaksin dan goal prioritas yang ditetapkan pemerintah.

[Phil Noble/Pool/AFP]Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI untuk program vaksinasi, Siti Nadia Tarmizi mengatakan Indonesia akan kedatangan vaksin Covid-19 buatan perusahaan farmasi asal Inggris, AstraZeneca. Vaksin yang diberikan antara dua kategori usia ini sama, yakni Sinovac dengan dosis zero,5 ml IM yang dimasukkan ke dalam otot melalui suntikan. Lansia termasuk kelompok usia yang rentan terkena Covid-19 bergejala berat dan meninggal dunia akibat penyakit yang sudah menjadi pandemi sejak setahun terakhir itu.

Untuk saat ini, pendaftaran bisa dilakukan bagi mereka yang memiliki KTP domisili di ibu kota provinsi. Salah satu lansia yang juga Wakil Ketua PMI Sragen, Suwarno sangat setuju lansia mendapat kesempatan menerima suntikan vaksin. Dia menegaskan suntikan vaksin aman dan tidak menimbulkan efek yang berat. Muliaman Mansyur, dokter sekaligus Head of Medical Kalbe Nutritionals mengatakan bahwa selain screening riwayat penyakit dan kesiapan psikis, tentunya kondisi fisik juga diperlukan dalam persiapan sebelum, selama, dan sesudah vaksin. Dihubungi terpisah, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Rumah Sakit UNAIR, Muhammad Miftahussururmengungkapkan istirahat bagi lansia penting untuk mencegah timbulnya infeksi akut mendadak seperti demam, flu, atau kelelahan.

Bila sudah terserang penyakit, pasien lansia rentan mengalami berbagai komplikasi dan perlu perawatan lebih intensif. Sementara untuk pilihan kedua adalah mekanisme melalui vaksinasi massal yang dapat diselenggarakan oleh organisasi atau institusi yang bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan. Jika memiliki kondisi-kondisi di atas, maka vaksin baru bisa dilakukan hingga kondisi pasien terkontrol baik. Sebelumnya, Kementerian Kesehatan juga memperbarui kondisi orang yang tidak bisa mendapatkan vaksinasi Covid-19. Mengenai batasan maksimal usia lansia yang bisa divaksin, Nadia menyatakan, tidak ada batas maksimal.

Bila lansia calon penerima vaksin tidak memiliki telepon genggam, knowledge dirinya akan dikumpulkan oleh petugas setempat. Vaksinasi COVID-19 untuk lansia akan dimulai dari tenaga kesehatan berusia di atas 60 tahun, kemudian dilanjutkan dengan vaksinasi untuk lansia yang bukan tenaga kesehatan . Di ketiga situs resmi tersebut akan tersedia hyperlink atau tautan yang dapat diklik oleh sasaran vaksinasi masyarakat lanjut usia. Di kedua web site tersebut akan tersedia hyperlink atau tautan yang dapat diklik oleh sasaran vaksinasi masyarakat lanjut usia.

Untuk pendaftaran lansia ada dua mekanisme, “Pertama melalui website, di bagian pengumuman bisa langsung melakukan pendaftaran. Untuk sasaran lansia, akan ada informasi lebih lanjut dari Dinas Kesehatan maupun Puskesmas setempat mengenai jadwal vaksinasi. Kemudian mekanisme kedua adalah Kemenkes bekerja sama dengan instansi, organisasi keagamaan, dan organisasi masyarakat. Pekan depan sebagian wilayah sudah bisa mulai vaksinasi ini,” terang dr. Siti Nadia.

JawaPos.com – Para warga lanjut usia di Sidoarjo masuk kuota vaksinasi tahap kedua. Namun, hingga Minggu (11/4) persentase warga lansia yang mengikuti vaksinasi masih minim. Padahal, target vaksinasi untuk warga yang berumur lebih dari 60 tahun itu cukup tinggi. Orang lanjut usia memerlukan jarak 28 hari untuk vaksinasi Covid-19 kedua. Kondisi ini berbeda dari kategori penerima vaksin berusia tahun yang perlu jarak 14 hari.

Vaksin bagi lansia

“Perlu diingat, kerja sama yang dijalin dengan Halodoc dan Gojek, bukan merupakan bentuk komersialisasi vaksin COVID-19. Kerja sama ini merupakan upaya meningkatkan cakupan vaksinasi di Provinsi DKI Jakarta. Selain itu program vaksinasi drive thru ini free of charge dan tidak dipungut biaya,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito. Biasanya, vaksin untuk lansia ini dokter berikan dalam dua tahapan, yaitu vaksin pneumokokus jenis konjugasi dan vaksin pneumokokus jenis polisakarida. Vaksin flu bisa mencegah flu dengan pemberian vaksin satu kali setiap tahun.

Meskipun durasi pemberian 0 dan 28 hari menunjukan imunogenisitas baik, tetapi dalam masa pandemi untuk mendapatkan cakupan imunisasi yang cepat dengan regimen yang lengkap lebih disarankan menggunakan jadwal pemberian zero dan 14 hari. “Badan POM telah mengeluarkan Informasi untuk tenaga kesehatan yang dapat digunakan sebagai acuan bagi tenaga kesehatan dan vaksinator dalam melakukan skrining sebelum pelaksanaan vaksinasi”, tambah Kepala Badan POM. Pemberian vaksin untuk lansia bertujuan untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, sekaligus menurunkan risiko terkena penyakit infeksi. Jikapun terkena, gejala yang dirasakan bisa lebih ringan dan kemungkinan sembuh juga lebih besar. Orang lanjut usia alias lansia juga butuh vaksinasi untuk menurunkan risiko penyakit berbahaya.