Ingin Daftar Vaksin Covid

Selain itu, pengadaan vaksin Covid-19 di Indonesia hanya boleh dilakukan oleh PT Bio Farma. Kebijakan ini dimaksudkan untuk mencegah pemalsuan vaksin dan kebocoran. “Karena kita punya kekuatan. 30 ribu lebih orang vaksinator, lebih 30 ribu rumah sakit, 30 ribu puskesmas yang bisa kita gerakan. Satu hari bisa mengerjakan 30 orang yang divaksin,” ungkapnya. Airlangga menjelaskan saat ini pemerintah belum mengetahui kapan vaksinasi mandiri dimulai. Menurutnya, saat ini Kementerian Kesehatan masih menyusun regulasi vaksinasi ini. Airlangga mengimbau masyarakat untuk bersedia melaporkan jika ada pelanggaran terhadap program vaksinasi Covid-19 ini.

Guru Besar dengan gelar Prof dr ini mengkalkukasikan pengeluaran setiap orang dalam sekali vaksin sekitar Rp900 ribu. Sementara vaksinasi COVID-19 minimal dua kali suntikan dengan jeda waktu tertentu sehingga untuk mendapatkan vaksin tahap 1 dan 2, setiap orang setidaknya mengeluarkan Rp1,8 juta. ”Pemerintah belum menetapkan harga vaksin COVID-19 yang akan digunakan.

“Ke depan, pemerintah perlu membuat skala prioritas untuk program vaksinasi, keakuratan informasi vaksin apa yang direkomendasikan untuk jemaah haji sangat penting agar tidak merugikan masyarakat kita,” tuturnya. Para penyandang disabilitas tersebut masuk dalam kategori prioritas penerima vaksin sebab mereka umumnya memiliki komorbid atau penyakit penyerta. Vaksin bantuan pemerintah yang gratis diberikan kepada tenaga medis, aparat hukum seperti polisi dan TNI, tenaga pendidik, tokoh masyarakat, dan masyarakat kelas bawah. Sementara vaksin jalur mandiri diberikan kepada publik, atas permintaan langsung dari masyarakat, dengan berbayar. Saya adalah staf pajak suatu perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan. Perusahaan kami berencana untuk mengikuti program vaksinasi gotong-royong atau mandiri untuk para karyawan.

“Untuk bisa melakukan 1 sampai 2 juta per hari, pemerintah tidak mungkin melakukan itu sendiri, harus melakukan bersama dengan semua pihak termasuk swasta dan start-up yang didirikan anak muda,” ujar Budi. Layanan drive-thru menjadi salah satu solusi pemerintah untuk mempercepat vaksinasi. Kemenkes pun bekerja sama dengan pihak swasta dan start-up membuka drive-thru. Saat ini drive-thru telah dibuka di kawasan JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara.

Kedua, kata dia, peningkatan kemampuan industri dalam negeri dalam mendukung penanganan Covid-19, khususnya industri farmasi untuk penyediaan obat-obatan dan alat kesehatan. Ketiga, pengoptimalan program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri . “Keempat adalah melanjutkan program substitusi impor 35%, yang dilaksanakan secara simultan dengan peningkatan utilisasi produksi, mendorong pendalaman struktur industri, dan peningkatan investasi,” ujar dia.

Karena, untuk vaksinasi tahap dua ini, sistem yang digunakan bottom up. Dalam dua hari ini Indonesia mendapatkan hampir satu juta vaksin jenis Sinopharm yang akan digunakan untuk Vaksinasi Gotong Royong atau vaksinasi mandiri yang berada di luar vaksinasi program pemerintah. Rosan menjelaskan kebutuhan vaksin untuk vaksinasi gotong royong tahun ini mencapai 20,2 juta dosis dan menjangkau 10 juta orang. Angka ini berpeluang bertambah seiring rencana pembukaan kembali keikutsertaan perusahaan.

Sementara untuk proses distribusinya menjadi tanggung jawab PT Bio farma ke fasyankes pelayanan milik swasta yang memang sudah disepakati. Untuk vaksinasi mandiri, Kementerian BUMN menggandeng PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. dan PT Bio Farma untuk menggarap infrastruktur teknologi vaksin mandiri ini, mulai produksi, pengiriman hingga penyuntikan ke end user. Kolaborasi juga dilakukan dengan menggandeng Imunicare Bio Farma yang totalnya bisa memberikan vaksinasi sebanyak 1,6 juta jiwa.

Bagaimana cara mendapatkan vaksin mandiri

Perlu diingat, badan usaha yang baik adalah badan usaha yang juga ikut memperhatikan kesehatan dari pegawainnya. Penanganan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi untu vaksin Gotong Royong akan sama dengan penanganan KIPI untuk vaksinasi program pemerintah. Jenis vaksin yang digunakan oleh vaksinasi program pemerintah adalah Sinovac, Novavax, AstraZeneca, Covax/ GAVI dari WHO, dan vaksin Pfizer. Sedangkan untuk Vaksinasi Gotong Royong adalah pelaksanaan vaksinasi untuk karyawan dan karyawati yang biayanya ditanggung atau dibebankan oleh badan hukum/badan usaha. Dengan diberikannya kesempatan kepada perusahaan untuk melakukan vaksinasi mandiri maka kekebalan kelompok atau herd immunity bisa lebih cepat diperoleh.