Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

“Dengan information tersebut Badan POM memberikan batas kedaluwarsa vaksin Covid-19 selama enam bulan, baik Sinovac maupun Astrazeneca,” katanya. Lucia menambahkan untuk waktu kedaluwarsa vaksin Covid-19 diketahui masih baru dan diproduksi akhir 2020. Pengujian stabilitas industri farmasi menunjukkan data kestabilan selama tiga bulan. “Sampai saat ini tidak ada kendala berarti pada proses pengujian hingga pemberian sertifikat pelepasan ini. Kita sudah mengoptimalkan sumber daya yang ada untuk memberikan percepatan rilis vaksin-vaksin COVID-19 ini,” jelasnya. Jumlah ini bisa diperoleh dari dua opsi, yaitu vaksin free of charge maupun vaksin berbayar. Pemberian vaksin akan dilakukan pada sekitar 181,5 juta penduduk Indonesia untuk memperoleh kekebalan komunitas atau herd immunity.

Diharapkan, masyarakat mendukung dengan program yang tengah dilakukan pemerintah tersebut. Shinta menambahkan pendataan yang dilakukan akan diserahkan ke Kementerian Kesehatan untuk dilakukan verifikasi. Tujuannya adalah memastikan peserta yang sudah masuk dalam program pemerintah tidak bisa diikutsertakan dalam program Vaksinasi Gotong Royong. Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan yang terdaftar dalam program Vaksinasi Gotong Royong masih menunggu penetapan harga vaksin oleh pemerintah. Bagi yang tidak memiliki ponsel, cara untuk mendapatkan vaksin Covid-19 bisa dengan melakukan verifikasi melalui Babinsa/Babinkamtibmas.

Selanjutnya penerima vaksin akan melakukan registrasi ulang untuk status kesehatan dan memilih tempat serta jadwal vaksinasi. “Untuk daerah dengan kendala jaringan, maka proses verifikasi dan registrasi akan dilakukan Satgas Penanganan COVID-19 tingkat kecamatan,” jelasnya. Sistem yang dibangun akan mendata penerima vaksin melalui filtering data individu penerima vaksin prioritas .

Bupati Mitra, James Sumendap, menyosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak takut divaksin dan mendukung program Vaksinasi COVID-19.“Jadi jangan pernah takut. Sebab vaksin apapun dari pemerintah, baik Astra Zeneca dan lainnya adalah baik,” ungkap Bupati Mitra dua periode ini. Kepala Dinas Kesehatan Kota Salatiga Siti Zuraidah menerangkan, vaksinasi menyasar sejumlah kelompok mulai dari tenaga pendidik, pelayan publik, karyawan financial institution dan lodge, pegawai BUMD, pedagang, kelompok difabel, dan pelaku UMKM. “Kami berharap juga dukungan dari masyarakat segala golongan, kembali tadi disiplin protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, dan juga mencuci tangan,” tandasnya. Selain mendapatkan vaksin lewat kerja sama bilateral dan multilateral, pemerintah juga terus bekerja keras untuk mengembangkan vaksin Merah Putih guna membangun kemandirian bangsa dan memenuhi kebutuhan vaksin Covid-19.

tirto.id – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan bahwa vaksin COVID-19 akan tiba di tanah air pada Desember 2020 ini. Pemerintah pun telah melakukan berbagai persiapan untuk program vaksinasi yang bakal dilakukan secara menyeluruh ke semua wilayah Indonesia dalam upaya mengakhiri pandemi coronavirus. Masyarakat yang rentan terhadap Covid-19, baik karena profesinya seperti tenaga medis, guru, dan lainnya, juga masyarakat lanjut usia perlu mendapat prioritas vaksinasi. Kendati demikian, kelompok masyarakat lainnya seperti pekerja pabrik, juga tidak berarti diabaikan. Karenanya, pemerintah perlu memberikan vaksin kepada seluruh masyarakat tidak hanya kepada kelompok-kelompok tertentu.

Bahkan, banyak pihak yang mempengaruhi masyarakat kalau vaksin itu memiliki efek samping berbahaya. Jika belum terdaftar, sasaran diminta segera mengajukan program vaksinasi dengan mengirimkan knowledge diri ke e-mail Di Brasil, kelompok sukarelawan adalah tenaga kesehatan yang setiap hari menghadapi paparan tinggi virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Nah, cara mendapatkan vaksin COVID-19 bisa dilakukan dengan enam tahapan sampai registrasi dan verifikasi. Bisa pula melakukan pengecekan dan registrasi melalui layanan Peduli Lindungi dengan aplikasi dan situs net. Disebutkan pula, penerima suntikan vaksin gotong tidak dipungut biaya atau free of charge, sesuai bunyi Pasal 3 ayat . Hingga saat ini, pemberian vaksin COVID-19 adalah solusi yang dinilai paling jitu untuk mengurangi jumlah kasus infeksi virus SARS-CoV-2 penyebab penyakit COVID-19.

Untuk mendukung program vaksinasi tersebut, pemerintah juga terus mengupayakan untuk mendatangkan vaksin baik dalam bentuk jadi maupun bahan baku. Pemerintah telah mendatangkan 3,eight juta vaksin AstraZeneca dan direncanakan akan datang lagi sebanyak 1,8 juta vaksin AstraZeneca sehingga totalnya ada 5,6 juta vaksin yang diperoleh dari skema multilateral tersebut. Kelompok prioritas kelima yakni, peserta BPJS Penerima Bantuan Iuran sekitar 86 juta orang dengan whole kebutuhan vaksin 173 juta dosis.

Vaksin dari pemerintah

SALATIGA – Untuk percepatan vaksinasi Covid-19, Pemerintah Kota Salatiga menggelar vaksinasi massal yang diikuti 6.000 orang di Aula Gedung Disbun, Ngawen, Kota Salatiga, selama tiga hari, yakni pada 2-4 Juni 2021. Pemberian berulang dilakukan ketika si kecil berusia dua bulan, tiga bulan, dan empat bulan. Menyiapkan sistem satu data terintegrasi untuk memastikan kelancaran dan ketepatan sasaran vaksinasi nantinya.

Pemberian vaksin ini dilakukan untuk mencegah si kecil dari infeksi bakteri tuberculosis. Wali Kota Manado, Andrei Angouw mengatakan, untuk mengikuti program ini, pemerintah juga mempermudah cara pendaftarannya, di mana masyarakat bisa langsung mendaftar di Puskesmas atau secara online dengan mendaftar di Menteri BUMN dan Ketua Pelaksana KPCPEN Erick Thohir, menyaksikan langsung kedatangan vaksin yang disimpan dalam empat envirotainer besar dan 1 envirotainer kecil ini. Setelah itu, vaksin akan diberangkatkan ke fasilitas Bio Farma di Bandung, Jawa Barat. Adapun pemberi layanan imunisasi COVID-19 adalah dokter, perawat, dan bidan di fasilitas pelayanan baik milik pemerintah maupun swasta. Dari daftar prioritas tersebut, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti menyebut semua kelompok harus mendapat vaksin yang terjamin keamanannya.