Vaksin Mandiri Masuk Maret, Kadin Kembali Buka Pendaftaran Untuk Perusahaan

Vaksin mandiri kalau jadi direalisasikan akan sangat membantu mencapai herd immunity,” jelasnya. Sampai di bulan Juni, ada sekitar ninety juta vaksin yang bisa didatangkan pemerintah. Budi berharap di bulan Maret hingga April ini, 500 ribu vaksinasi bisa diberikan dalam sehari. Nantinya, di bulan Juni hingga Juli, ada 1 juta vaksin yang disuntikkan dalam sehari. Proses pre order juga penting untuk distribusi vaksin agar perusahaan mengetahui permintaan yang sebenarnya di lapangan.

“Sejauh ini baru sebatas vaksin yang kita ketahui. Oleh karena itu, pemerintah harus dipastikan dahulu apa yang sebenarnya menjadi kendala. Sehingga tidak terjadi simpang siur di masyarakat,” ujarnya. JAKARTA- Indonesia dikabarkan tidak mendapatkan kuota haji tahun 2021 lantaran masalah vaksin. Informasi ini langsung ditanggapi Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Senator asal Jawa Timur ini meminta pemerintah memberikan penjelasan mengenai hal tersebut ke masyarakat. Masyarakat bisa melakukan pre-order vaksin melalui tiga saluran yaitu dari aplikasi, situs internet, hingga datang langsung. Registrasi bisa dilakukan secara individu, keluarga maupun oleh perusahaan.

Khusus untuk Vaksin Gotong Royong, spesifikasi produk dan harga menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah. “Kami, diberikan tanggung jawab untuk membantu 20 juta vaksin dari total yang pemerintah berikan yaitu 175 juta vaksin,” kata dia. Setelah mendaftar, peserta yang ingin melakukan vaksin corona secara mandiri secara otomatis dianggap sudah melakukan pemesanan awal alias pre-order atas vaksin corona. Dengan begitu, peserta harus melakukan pembayaran atas vaksin covid-19 itu. BPOM telah mengeluar izin penggunaan darurat vaksin Covid-19 CoronaVac buatan Sinovac, pemain farmasi Tiongkok.

Bagaimana cara mendapatkan vaksin mandiri

Dengan asumsi 70% penduduk yang perlu divaksin, maka ada 5,5 miliar warga bumi yang membutuhkan vaksin. Paling tidak, vaksin untuk penyuntikan dua kali 182 juta sudah aman,” kata Budi. “Bila Sinovac dibolehkan untuk vaksin mandiri, bisa jadi jatah untuk yang free of charge berkurang karena pengusaha berani membeli lebih mahal.

Dalam pertemuan dengan pemimpin redaksi, 17 Februari 2021, Presiden kembali menegaskan sikapnya. Dalam pertemuan tersebut Jokowi memastikan “Vaksinasi mandiri dilaksanakan oleh rumah sakit yang tidak ditunjuk melakukan vaksinasi gratis. Mudah-mudahan, akhir Februari atau selambatnya awal Maret 2021, vaksinasi mandiri sudah bisa dilaksanakan,” ujar Jokowi. Direktur Digital Healthcare PT Bio Farma Soleh Ayubi menjelaskan Badan Usaha Milik Negara farmasi yang mendapat penugasan pelaksanaan vaksinasi mandiri menyiapkan tiga saluran proses vaksinasi. Kemudian, lanjut dia, waktu pemberian vaksin mandiri dilakukan setelah 1-2 bulan vaksin gratis dilaksanakan.

Vaksinasi gotong royong tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19. Kumpulan berita tersebut disajikan sebagai berita pilihan yang lebih sesuai dengan minat Anda. Ketua Umum Kadin Rosan Roeslan menegaskan, program ini bisa diikuti oleh semua perusahaan, baik yang terdaftar sebagai anggota Kadin maupun tidak. Vaksin akan dilakukan ketika vaksin sudah tersedia oleh Biofarma dan mengirimkan vaksin ke fasyankes yang ditunjuk perusahaan.

Untuk saat ini, pihak dari PeduliLindungi belum membuka registrasi ulang untuk penerima vaksin Covid-19. Masyarakat diimbau untuk sering melihat laman pedulilindungi.id untukmelihat perkembangannya. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dapat dilakukan lewat vaksinasi Gotong Royong demi mempercepat program vaksinasi dan terbentuknya kekebalan kelompok. Selain mendatangi fasilitas kesehatan, masyarakat lansia juga dapat mengunjungi lamanKementerian Kesehatan dan lamanKomite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional , atau juga bisa dengan telepon ke 119 ext 9. “Sehingga kita bisa memastikan tidak akan ada kebocoran vaksin tersebut yang akan digunakan untuk vaksin gotong royong,” jelasnya. Disebutkan pula, penerima suntikan vaksin gotong tidak dipungut biaya atau free of charge, sesuai bunyi Pasal three ayat .

Jika Anda adalah pemilik usaha dan memiliki beberapa karyawan yang tetap harus pergi kekantor dan terpapar langsung dengan virus. Sebaiknya Anda juga ikut mengusahakan untuk bisa melakukan pengadaan vaksinasi mandiri untuk pegawai Anda. Biaya pelayanan vaksinasi Gotong Royong yang dilakukan oleh fasilitas pelayanan kesehatan milik masyarakat/swasta tidak boleh melebihi tarif maksimal yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan. Pelayanan vaksinasi Gotong Royong hanya dilaksanakan di fasilitas pelayanan kesehatan milik swasta yang memenuhi persyaratan, tidak di fasilitas pelayanan kesehatan. Pengadaan jenis vaksin Gotong Royong tidak menjadi tanggung jawab Kementerian Kesehatan. Proses ini menjadi tanggung jawab Kementerian BUMN dan PT Bio Farma.

Sehingga, masyarakat tak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan vaksin Covid-19. Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Rosan P. Roeslani mengusulkan pemerintah untuk memberikan akses vaksin Covid-19 secara mandiri kepada pengusaha swasta. Lantas, pertanyaannya adalah apakah masyarakat umum termasuk pengusaha swasta bisa mengakses vaksin secara mandiri?